PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Fitri Dwi Anjayani, 10144200243 (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm, sampul, abstrak, Persetujuan....BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka +Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi bidang belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 sebesar 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 32 siswa dengan menggunakan teknik quota propotional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data digunakan dengan analisis statistik dengan rumus Uji-t dan taraf signifikan yang digunakan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif layanan informasi bidang belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mlati Sleman tahun ajaran 2014/2015 dengan mengetahui harga thitung sebesar 4,037 lebih besar dari ttabel1,670 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian pelaksanaan layanan informasi bidang belajar terhadap siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Semakin efektif pelaksanaan layanan informasi bidang belajar diberikan terhadap siswa maka akan semakin meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya siswa sebelum diberikan layanan informasi bidang belajar mempunyai motivasi belajar yang lebih rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dengan berbagai upaya dalam rangka meningkatan pemahaman dan wawasan siswa tentang aspek-aspek dan faktor dalam proses belajar siswa. Peran penting guru dan sekolah dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat memberikan dukungan siswa dalam meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi bidang belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Apr 2016 04:31
Last Modified: 29 Apr 2016 04:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item