UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 TEMPEL

AGUNG BUDIATI, 11144100011 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 TEMPEL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 3 Tempel pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Tempel yang terdiri dari 32 siswa. Objek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes prestasi belajar, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan: (1) motivasi belajar siswa pra tindakan dalam kategori cukup (56,09) meningkat menjadi (68,75) pada siklus I dan meningkat mencapai kategori tinggi (76,47) pada siklus II. (2) Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pra tindakan adalah 59,09 dengan ketuntasan dalam kategori kurang (28,13%) setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71,64 dengan ketuntasan mencapai kategori cukup (62,50%), dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 80,21 dengan ketuntasan mencapai kategori tinggi (87,50%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tispe Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Apr 2016 01:52
Last Modified: 28 Apr 2016 01:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item