PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA MELALUI TEKNIK PERMAINAN (Studi pada Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Kelompok)

Arum Setiowati, Universitas PGRI Yogyakarta (2014) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA MELALUI TEKNIK PERMAINAN (Studi pada Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Kelompok). Universitas PGRI Yogyakarta. pp. 1-18.

[img]
Preview
Text
artikel arum revisi.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan belum optimalnya rasa percaya diri mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling, terutama percaya diri untuk berbicara di depan kelas dalam kegiatan perkuliahan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik permainan yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam mata kuliah bimbingan dan konseling kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal perkuliahan. Prosedur penelitian terbagi dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui lima tahapan yakni: rencana tindakan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), evaluasi (evalution), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas A3 semester 5 tahun ajaran 2012/2013 program studi bimbingan dan konseling FKIP UPY yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa, jenis permainan yang dipilih yakni permainan yang menyediakan kesempatan secara luas kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi diri agar mampu mempertunjukkan kualitas diri mereka dihadapan teman yang lainnya. Dalam penelitian jenis permainan yang dipandang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah permainan yang ditentukan oleh mahasiswa sendiri, kemudian mahasiswa mempraktikkan sendiri permainan tersebut di depan kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: percaya diri, teknik permainan, bimbingan dan konseling kelompok
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Psikologi Konseling
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 20 Feb 2016 04:50
Last Modified: 20 Feb 2016 04:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item