Muhammad Iqbal Birsyada, Prodi. Pendidikan Sejarah, Universitas PGRI Yogyakarta and Dhiniaty Gularso, Universitas PGRI Yogyakarta (2022) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MUSEUM. In: MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MUSEUM. Bintang Semesta Media.
|
Text
BUKU-MODEL-PEMBELAJARAN-SEJARAH.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam Pendidikan di tingkat dasar maupun menengah di Indonesia. IPS di luar negeri lebih dikenal dengan social studies, social education, social studies education, dan sebagainya. Menurut Wesley (Sapriya, 2009), IPS (the social studies) lebih mengarah kepada penyederhanaan ilmu-ilmu sosial yang bertujuan pada kemampuan pedagogik. Artinya, IPS merupakan mata pelajaran yang terintegrasi atau terpadu dari ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan sehingga dapat mengembangkan kemampuan menjadi warga negara yang baik. IPS di sekolah merupakan mata pelajaran yang memadukan secara sistematis disiplin ilmu seperti antropologi, arkeologis, sejarah, geografi, filsafat, hukum, psikologi, ilmu politik, agama, dan sosiologi, sama seperti serasinya ilmu humaniora, matematika, dan ilmu lain. Materi IPS biasanya menjadi mata pelajaran pada jenjang SMP/sederajat dan SD/sederajat, sedangkan pada jenjang SMA/sederajat materi IPS yang mencakup sejarah, geografi, antropologi, dan lain sebagainya diajarkan secara terpisah menjadi mata pelajaran sendiri.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:32 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/4113 |
Actions (login required)
View Item |