Madinatul Munawaroh, Universitas PGRI Yogakarta and Novi Trisna Anggrayni, Universitas PGRI Yogakarta (2015) MENGENALI TANDA-TANDA DISLEKSIA PADA ANAK USIA DINI. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.
|
Text
artikel madinatul.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Problem kesulitan belajar membaca paling banyak ditemui dimana anak-anak lebih beresiko kesulitan belajar membaca. Bahkan siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca paling banyak frekuensinya. Di berbagai negara pravalensi disleksia pada anak-anak bervariasi antara 5-15%, Diantara negara-negara yang mengalami problem kesulitan belajar membaca, Indonesia termasuk salah satunya. Secara nasional berdasarkan data Dinas Pendidikan kemampuan membaca siswa SD di Indonesia masih rendah indeksnya masih jauh berada dari negara lain. Dalam penelitian epidemiologis Frank (Sidiarto, 2007), kesulitan membaca merupakan lebih dari 90% dari kelainan nonpsikiatris pada anak-anak sekolah. Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kebanyakan anak yang mengalami disleksia mengalami kelemahan pada keterampilan membaca dan memiliki ingatan yang pendek yang sangat kurang sekali sehingga menyebabkan sulit mengingat apa yang diucapkan. Tanda-tanda anak yang mengalami disleksia antara lain: prematur, kelainan fisik, kurang memahami perintah, sering absen sekolah. Oleh karena itu, maka penting sekali untuk mengenali tanda-tanda disleksia dini pada anak dan faktor-faktor penyebabnya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, tanda-tanda disleksia |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 Feb 2016 08:05 |
Last Modified: | 12 Feb 2016 08:05 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/409 |
Actions (login required)
View Item |