Jarot Ristanto, Prosa PBSI UPY (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA (2019) KARYA A. SYAHRIN; ANALISIS SEMIOTIKA STRUKTURAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ArtikelJarrotRistanto.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa. mengetahui analisis semiotika struktural dalam novel JKTPJA karya Alvi Syahrin, mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa karya A.Syahrin, ikon, simbol, dan indeks dalam teori semiotika struktural yang terdapat dalam novel. teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik simak, teknik baca, teknik catat. Teknik analisis data penelitian dengan teknik deskriptif. Hasil Berdasarkan hasil dan pembahasan pada novel di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel yang berjudul Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apakarya A.Syahrin adalah nilai pendidikan karakter religius, kerja keras, menghargai diri sendiri, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. Kemudian terdapat ikon, simbol dan indeks dalam teori semiotika struktural seperti yang sudah dipaparkan di atas. penelitian ini data yang diperoleh terdapat 7 macam nilai pendidikan karakter dalam novel dan terdapat 9 ikon, 15 simbol, dan 21 indeks.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai pendidikan karakter, ikon, simbol, indek, novel. |
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 05:11 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 05:11 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3474 |
Actions (login required)
View Item |