PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MICROSOFT PUBLISHER 2019 UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP N 1 SENTOLO KULON PROGO

Dhea Deyzkananda, 17144800069 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MICROSOFT PUBLISHER 2019 UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP N 1 SENTOLO KULON PROGO. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHEA-DEYZKANANDA.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan Microsoft Publisher 2019 sebagai media pembelajaran materi teks prosedur kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo, guna meningkatkan motivasi belajar dan menarik perhatian siswa dalam mempelajari teks prosedur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D, dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sentolo tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 8 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbantuan Microsoft Publisher 2019 untuk materi teks prosedur, 2) Media ini dikatakan valid dan memiliki kualitas baik, dilihat dari hasil validasi ahli media memperoleh skor 51 dengan kriteria sangat baik, dan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 53 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, 3) Hasil angket daya tarik siswa memperoleh skor keseluruhan 64 dengan presentase 100% yang masuk dalam kriteria sangat baik. 4) Media yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran, ditujukkan dengan hasil perhitungan data tes siswa yang berdistribusi meningkat yaitu nilai rata-rata pre-test 64,37 dan nilai rata-rata post-tets 92,37.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbantuan Microsoft Publisher 2019, Teks Prosedur, ADDIE.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:39
Last Modified: 17 Mar 2022 02:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item