Wisnu Aziz Wijayanto, PBSI (2020) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ARUS BAWAH KARYA EMHA AINUN NAJIB DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA DENGAN PENDEKATAN STILISTIKA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL_WISNU_AZIZ_WIJAYANTO.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat didalam novel Arus Bawah karya Emha Ainun Najib, (2) relevansinya dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, dan (3) pemanfaatan bahasa figuratif (stilistika) dalam novel Arus Bawah karya Emha Ainun Najib. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Latar penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai November 2019 pada novel Arus Bawah karya Emha Ainun Najib. Data berupa pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel beserta relevansinya di dalam pembelajaan Bahasa Indonesia di sekolah dan pemanfaatan bahasa figuratif. Sumber data berasal dari novel Arus Bawah karya Emha Ainun Najib. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat, teknik baca dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Novel Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib mengandung pendidikan karakter. Yaitu nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan (religius), nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan diri sendiri (disiplin, kerja keras, tanggung jawab), nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan masyarakat (rasa ingin tahu, peduli sosial, toleransi, demokratis, cinta Tanah Air), nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan lingkungan (peduli lingkungan); (2) Novel Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib dapat menjadi bahan ajar sastra di SMA umtuk kelas XII; (3) Terdapat bahasa figuratif dalam novel Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib yaitu bahasa figuratif metafora, bahasa figuratif simile, bahasa figuratif personifikasi, bahasa figuratif metonimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Bahan Ajar, Bahasa Figuratif (Stilistika) |
Subjects: | Pendidikan Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:57 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 06:57 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3393 |
Actions (login required)
View Item |