KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL KAU, AKU DAN SEPUCUK NGPAU MERAH KARYA TERE LIYE KAJIAN: SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Yustina Karolina Malaimoi, PBSI (2018) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL KAU, AKU DAN SEPUCUK NGPAU MERAH KARYA TERE LIYE KAJIAN: SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YUSTINA_KARLIN_MALAIMOI.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kritik pengarang teradap masalah sosial, (2) bentuk penyampaian kritik Michael Ende dalam novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah (3) relevansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Data penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat dalam novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia Jakarta tahun 2012, ISBN 978-979-22-7913-9. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. masalah sosial yang dikritik pengarang dalam novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah antara lain: 1) a. Masalah ekonomi, b) Masalah pendidikan, c) Masalah kebudayaan, d). Masalah moral, e). Masalah keluarga, f) Masalah gender, g) Masalah kesehatan, h) Masalah agama. 2) Bentuk penyampaian kritik dalam novel. Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah adalah, secara eksplisit secara implisit. 3) Relevansi kritik sosial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kritik sosial, bentuk penyampaian kritik, relevansi, novel
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:37
Last Modified: 16 Mar 2022 06:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item