Yakobus Beke Lalo, 15144810052 (2018) KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL VITTORIA (HELENA’S BROWN BOX) KARYA EUFRASIA VIEIRA DAN LES D. SOERIAPOETRA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
YAKOBUS_BEKE LALO.pdf Download (774kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam novel Vittoria (Helena’s Brown Box) karya Eufrasia Vieira dan Les D. Soeriapoetra: (2) mendeskripsikan nilai pendidikan moral dalam novel Vittoria (Helena’s Brown Box) karya Eufrasia Vieira dan Les D. Soeriapoetra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan struktural. objek penelitian ini adalah novel Vittoria (Helena’s Brown Box) karya Eufrasia Vieira dan Les D. Soeriapoetra. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang menghasilkan sajian data deskriptif berupa kalimat atau kata yang terdapat dalam novel Vittoria (Helena’s Brown Box) Karya Eufrasia Vieira dan Les D. Soeriapoetra. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik membaca dan menulis. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu dengan ketekunan pengamatan, ketelitian dalam meneliti dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini sebagai berikut 1) Unsur intrinsik:a) fakta cerita; b) alur campuran; c) karakter, tokoh utama yaitu Helena, tokoh tambahan yaitu Mateus, Pak Amo,dr. Andi; tokoh protagonis yaitu Antonia, Maria, Anita, Andrea; tokoh antagonis yaitu Vicente; 2) latar :a) latar waktu: Pagi, siang, sore,malam; b) latar tempat: ibu kota negara c). tema; tema mayor perjuangan; tema minor kekuasaan politik; 3) sarana sastra; a) judul yaitu Vittoria (Helena’s Brown Box); b) sudut pandang yaitu, sudut pandang orang pertama pelaku utama; c) gaya dan nada; yaitu gaya bahasa dalam kehidupan sehari-hari sedangkan nada , marah dan lembut; d) simbolisme; menyedihkan, menakutkan, menegangkan; e) ironi; ironi dramatis; 4). hubungan antar unsur yaitu saling berkaitan antar alur dan tokoh, hubungan alur dan latar,hubungan tema, alur, tokoh, dan latar;. Nilai pendidikan moral yaitu; a) tanggung jawab; empati, b) hati nurani; peduli sesama;c) kewajiban; bersyukur kepada Tuhan dan kekeluargaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | unsur intrinsik, nilai pendidikan moral novel Vittoria |
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:31 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 06:31 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3380 |
Actions (login required)
View Item |