EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA KELAS VIII DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA MATERI TEKS BERITA DI SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019

Mugi Wasillatun Fadilah, PBSI, UPY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA KELAS VIII DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA MATERI TEKS BERITA DI SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-MUGI-WASILATUN-FADILAH.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara adalah keterampilan berbahasa yang harus dikuasai namun dalam aplikasinya masih banyak siswa malu untuk tampil berbicara, muncul media sosial yang belum dimanfaatkan dengan sempurna dalam dunia pendidikan salah satunnya media youtube, dan perkembangan kurikulum mengharuskan siswa lebih aktif mengeksplor kemampuannya menjadi salah satu peran guru memanfaatkan media yang muncul di lingkungan. Pada penelitian bertujuan mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar dan efektivitas penggunaan media youtube dalam pembelajaran berbicara kelas VIII dengan teknik simulasi pada materi teks berita. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental atau eksperimen semu. Variabel bebasnya adalah penggunaan media youtube, variabel terikatnya adalah pembelajaran berbicara kelas VIII dengan teknik simulasi pada materi teks berita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, video dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan dilihat dari uji-t menggunakan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai p dari Sig. (2-tailed) sebesar .000 sehingga dapat dikatakan signifikan karena nilai p dari Sig. (2-tailed) < 0.05 (5%) dengan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 8.828 dan gain score selisih kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan t-hitung kelas eksperimen 13.488 dengan gain score sebesar 5.8, sedangkan untuk kelas kontrol t-hitung sebesar 4.368 dan skor again score kelompok kontrol sebesar 1,0. Diperoleh kesimpulan penggunaan media youtube dalam pembelajaran berbicara kelas VIII dengan teknik simulasi pada materi teks berita memiliki perbedaan kemampuan dan efektif dibandingakan dengan media konvensional dalam pembelajaran berbicara kelas VIII dengan teknik simulasi pada meteri teks berita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Youtube, Berbicara, Teks berita
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:54
Last Modified: 16 Mar 2022 04:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item