PRAANGGAPAN DALAM FILM CEK TOKO SEBELAH KARYA ERNEST PRAKASA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENYIMAK DI SMP

MARWI DWI ANDARI, NIM. 13144800056 (2019) PRAANGGAPAN DALAM FILM CEK TOKO SEBELAH KARYA ERNEST PRAKASA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENYIMAK DI SMP. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-MARWI-DWI-ANDARI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tuturan dalam film Cek Toko Sebelah yang mengandung praanggapan dan berkaitan dengan konteks (2) mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan dalam dialog tokoh utama pada film Cek Toko Sebelah (3) mendeskripsikan relevansi praanggapan dalam film Cek Toko Sebelah dalam pembelajaran menyimak di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam film Cek Toko Sebelah berupa dialog atau tuturan yang mengandung praanggapan. Sumber data penelitian ini adalah tuturan tokoh utama dan mitra tuturnya yang terlibat dalam satu adegan pada film Cek Toko Sebelah yang dibentuk ke dalam bahasa tulis berupa naskah dialog. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap dan teknik catat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga cara yaitu (1) perpanjangan pengamatan, (2) peningkatkan ketekunan, dan (3) diskusi teman sejawat. Simpulan penelitian ini mencakup yakni pertama praanggapan dalam film Cek Toko Sebelah muncul pada kelima jenis praanggapan berdasarkan teori Yule yang dikembangkan oleh Putrayasa, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan non-faktif, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual. Ditemukan 31 data dalam film Cek Toko Sebelah. Kedua, ditemukan 13 praanggapan eksistensial, 16 praanggapan faktif,9 praanggapan non-faktif, 8 praanggapan leksikal, 12 praanggapan struktural dan 4 praanggapan konterfaktual. Ketiga, penelitian ini memiliki relevansi bagi guru sebagai bahan ajar terkait pembelajaran menyimak pada KD 3.12 dan 4.12 kelas VIII di SMP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: praanggapan, film, pembelajaran menyimak
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:38
Last Modified: 16 Mar 2022 04:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item