EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Hetti Puspitawati, 13144800101 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-HETTI-PUSPITASARI.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan model pembelajaran konvensional dan (2) keefektifan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam keterampilan menulis karangan deskripsi untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian adalah Control Group Pretest Postest Design. Pengambilan data menggunakan teknik tes yang berupa tes menulis karangan deskripsi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman yang terdiri atas enam kelas. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VII A dan VII B. Instrumen penelitian berupa soal menulis karangan deskripsi. Validitas instrument menggunakan validitas isi dengan pertimbangan pakar (expert judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis, diperlukan uji prasyarat analisis data yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Pengolahan data semua dibantu dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Picture and Picture dan kelompok kontrol yang menggunakan model konvensional, ditunjukkan dengan perolehan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P<0,05). Kedua, model Picture and Picture efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, ditunjukkan dengan perolehan uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P<0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efektifitas, model Picture and Picture, pembelajaran menulis karangan deskripsi
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:17
Last Modified: 16 Mar 2022 04:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item