EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TALK SHOW KICK ANDY “MISKIN TAK MEMUMPUS MIMPI” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/20

Cenny Azren Piola, PBSI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TALK SHOW KICK ANDY “MISKIN TAK MEMUMPUS MIMPI” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/20. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_CENNY_AZREN_PIOLA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil perbedaan kemampuan pembelajaran menulis teks berita antara kelompok yang menggunakan media dan kelompok yang menggunakan contoh teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah pretest posttest control groupdesign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI II SMP Negeri 14 Yogyakarta. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelompok VIII B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes yaitu posttest dan pretest. Validasi intrumen berupa validasi isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, pertama dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 kemudian menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis dari hasil penghitungan uji-t skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diketahui besarnya t hitung adalah 7.796 dengan nilai p 0,000. (p=0,000<0,05). Perhitungan hasil analisis uji-t pretest dan posttest kemampuan menulis teks berita kelompok eksperimen di peroleh t hitung sebesar 0.830 dan nilai p 0.410 (p= 0,410<0.05). Simpulan dalam penelitian ini bedasarkan analisis tersebut adalah : (1) Ada perbedaan kemampuan menulis pembelajaran siswa menggunakan media tayangan talk show kick andy “miskin tak memupus mimpi” dengan pembelajaran menulis siswa tanpa menggunakan media. (2) Penggunaan media tayangan talk show kick andy “miskin tak memupus mimpi” lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Video Kick Andy “Miskin Tak Memupus Mimpi”, Menulis Teks Berita
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:15
Last Modified: 16 Mar 2022 04:15
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item