UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Finanda Rizki Sahati, 11144100125 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi Finanda Rizki Sahati.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran Advance Organizer siswa kelas VIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan satu variabel. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Yogyakarta pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta sebanyak 34 siswa tahun ajaran 2014/2015. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Advance Organizer. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tindakan dilakukan dengan menyajikan materi dalam bentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS), metode belajar kelompok dan pemberian tugas materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kegiatan guru dan siswa, tes pemahaman konsep, catatan lapangan, angket respon siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pada data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta melalui model Advance Organizer dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa sebesar 77,88%. Pada siklus II kegiatan guru dan siswa meningkat menjadi 96,15%. Peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari hasil tes yang dilaksanakan sebelum dilakukan tindakan dan di setiap akhir siklus. Rata-rata pemahaman konsep kelas pada awal sebelum dilakukan tindakan sebesar 48,37 atau berkategori rendah, kemudian mengalami peningkatan menjadi 63,48 atau berkategori cukup pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,14 atau berkategori tinggi pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Advance Organizer
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:30
Last Modified: 01 Feb 2016 03:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item