UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIIIC SMP N 2 NANGGULAN KULON PROGO

Melinda Nur Hasanah, 11144100092 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIIIC SMP N 2 NANGGULAN KULON PROGO. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Melinda Nur Hasanah (11144100092).pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan fungsi dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Nanggulan pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Nanggulan tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat, observasi, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil angket, hasil observasi, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Nanggulan pada pembelajaran matematika. Minat belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I skornya adalah 67,25 (kualifikasi cukup), meningkat pada siklus II menjadi 78,39 (kualifikasi tinggi). Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 58,09 dengan persentase ketuntasan 31,25%, pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,91 dengan persentase ketuntasan belajar 62,50%, dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 81,52 dengan persentase ketuntasan belajar 81,25%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching And Learning, minat belajar siswa, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item