UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MATARAM KASIHAN

Puji Rahayu, 09144100158 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MATARAM KASIHAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada siswa kelas VIII C SMP Mataram Kasihan. Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kasihan Bantul pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Taggart dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Mataram Kasihan Bantul yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan model kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada siswa kelas VIII C SMP Mataram Kasihan materi relasi dan fungsi, pembelajaran pada siklus I dan siklus II mulai dari tahap persiapan, kegiatan kelompok, presentasi kelompok, penghargaan dan evaluasi sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Persentase keterlaksanaan pembelajaran tercapai 90% pada siklus I dan 92% pada siklus II: rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari nilai pra tindakan sebesar 41,84 (kategori cukup) menjadi 75,95 (kategori baik) pada siklus I, dan 80,09 (kategori baik sekali) pada siklus II dan persentase pencapaian tes pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari 9,09% menjadi 77,27% pada siklus I dan 100% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE), pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 02:36
Last Modified: 29 Jan 2016 02:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item