UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION SISWA KELAS IXG SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN

Ika Mahera Rachmawati, 11144100171 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION SISWA KELAS IXG SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Ika Mahera Rachmawati (11144100171).pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada pokok bahasan pengukuran dan geometri (kesebangunan dan kekongruenan) dengan model Problem Based Instruction. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Banguntapan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Banguntapan tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Instruction. Desain penelitiannya menggunakan model Spiral Kemmis & Mc Taggart yang meliputi 4 tahap pada setiap siklus, yaitu tahap perencanan (plan), tahap tindakan (act), tahap pengamatan (observe), dan tahap refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan berpikir kritis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menelaah seluruh data kualitatif yaitu catatan lapangan, dokumentasi dan menghitung data kuantitatif dengan menggunakan persentase kemampuan berpikir kritis yaitu hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa dan hasil tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Instruction yang dilakukan dengan mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan karya dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah terlaksana secara baik, dengan rata-rata tingkat keterlaksanaan 76,97% dengan kriteria tinggi di siklus I dan 95,50% (kriteria tinggi) di siklus II sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai prasiklus pada tes kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 52,31 (kriteria cukup tinggi), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 69,75 (kriteria cukup tinggi) dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 79,83 (kriteria tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction (PBI), kemampuan berfikir kritis
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 02:31
Last Modified: 29 Jan 2016 02:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item