EFEKTIVITAS METODE STAD BERVISI SETS (Science, Environment, Technolgy and Society) UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPA

Setyo Eko Atmojo, M.Pd (2015) EFEKTIVITAS METODE STAD BERVISI SETS (Science, Environment, Technolgy and Society) UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPA. Project Report. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prosdeding IPA 5 Setyo.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai karakter dalam diri siswa dan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran STAD Bervisi SETS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 68 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi nilai karakter dalam diri siswa sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi nilai karakter dalam diri siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan komputer program SPSS seri 16.00 for windows. Sedangkan pendekatan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan nilai karakter dalam diri siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode STAD bervisi SETS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional. (2) ada perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode STAD bervisi SETS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional di SD Negeri Kasihan Bantul Yogyakarta. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui bahwa nilai karakter dalam diri siswa dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig = 0,003 atau sig < 0,05 dan hasil perhitungan uji t prestasi belajar dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig = 0,045 atau sig < 0,05. Sehingga dapat disimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan nilai karakter dalam diri siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode STAD bervisi SETS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran IPA, metode STAD bervisi SETS, prestasi belajar, nilai karakter dalam diri siswa
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Prosiding
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 Jan 2016 04:47
Last Modified: 28 Jan 2016 04:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item