Rohmatun Nurul Afifah, 11144600039 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS METODE PERCOBAAN. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Jurnal Rohmatun Nurul Afifah.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
LKS merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman siswa dalam melaksanakan kegiatan atau kerja, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKS berbasis metode percobaan dan efektivitas LKS IPA berbasis metode percobaan serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis metode percobaan IPA dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) yang meliputi beberapa tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKS, validasi LKS oleh pakar, uji coba skala kecil, revisi LKS, uji coba skala besar, revisi LKS, dan LKS final (berupa LKS yang siap digunakan pada kelas pemakaian). Hasil validasi penyajian LKS melalui angket oleh ahli media dengan persentase 62%, dengan criteria cukup dari dan dari ahli materi dengan persentase 61% dengan criteria cukup. Hasil angket aktivitas siswa dengan presentase 80% dengan,tanggapan dari guru terhadap LKS berbasis metode percobaan sebesar 91%, tanggapan siswa sebesar 81% dan ketuntasan hasil belajar dengan ≥ 70. Hasil pretest dengan rata-rata 69 dan postets dengan rata-rata 76, sehingga dalam pembelajaran mengalami peningkatan 100%. Desain produk yang dikembangkan di SD Negeri Mejing 2 kelas IV dengan menggunakan desain before after. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis metode percobaan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media ,masukan dari guru, tanggapan siswa, observasi siswa, dan efektif dalam meningkakan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttest.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS berbasis metode percobaan, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 02:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2016 02:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/227 |
Actions (login required)
View Item |