PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN (Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara)

Tarto Sentono, Universitas PGRI Yogyakarta (2019) PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN (Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara). Citta Gracia.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN-MODEL-KEPEMIMPINAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) Bab. Bab 1 berisi tentang Pendahuluan yang mencakup Latar Belakang, Konsep Dasar Manajemen dan Kepemimpinan, dan Pemimpin. Bab 2 mengulas tentang Kepemimpinan Pendidikan, yang terdiri dari Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Nilai serta Sistem Nilai. Bab 3 mengulas tentang Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, di mana dalam bab ini dijelaskan tentang Persatuan Perguruan Taman Siswa. Sementara pada Bab 4 tentang Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara (KHD). Dalam bab ini dijabarkan tentang Model Faktual Kepemimpinan Kepala Sekolah, Desain Model Konseptual, Pengembangan Desain Model, dan Model Final Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Dalam Bab 5 tentang Nilai-nilai Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Ki Hajar Dewantara yang meliputi Sifat Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, juga dibahas tentang Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara sebagai Peningkatan Kualitas Pemimpin dan Kepemimpinan dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dalam Mengembangkan dan Menggerakkan Organisasi.Pada Bab 6 membahas mengenai Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara (KHD). Dalam bab ini dijelaskan mengenai Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan KHD dan Keefektifan serta Keunggulan Model Pengembangan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan KHD. Bab 7 mengulas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah SMK Taman Karya di Taman Siswa Yogyakarta yang selama ini dijadikan objek penelitian oleh Penulis. Pada Bab 8 tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan KHD menurut Yayasan, Pamong, dan Siswa. Sedangkan pada Bab 9 memaparkan tentang hasil observasi Penulis buku ini dan dokumentasi yang dilakukannya. Dalam bab ini juga dibahas tentang Kendala yang Dihadapi Kepala Sekolah dalam Kepemimpinan dan Kendala pada Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan menurut Yayasan. Selain itu, kendala Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Trilogi Kepemimpinan KHD dan Mengatasi Kendala yang Dihadapi Kepala Sekolah. Di samping juga diulas tentang Keteladanan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Tugas Kepemimpinan, dan Motivasi yang Digunakan untuk Menggerakkan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Di bagian akhir ini, Penulis setelah melakukan penelitian pada akhirnya juga memberikan Simpulan dan Saran.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:04
Last Modified: 18 Jun 2020 05:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item