EFEKTIFITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Shera Rasyidasyah, Universitas PGRI Yogyakarta and Mehilda Dea Komalasari, Universitas PGRI Yogyakarta (2019) EFEKTIFITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. In: Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper PGSD UPY 2019.

[img]
Preview
Text
prosiding-Mahilda.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran tematik antara menggunakan model project based learning dengan model konvensional dan untuk mengetahui lebih efektif mana antara menggunkan model project based leraning dan model konvensional ditinjau dari kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran tematik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu (Quasi Experimental Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SD I Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SD 1 Pedes Sedayu Bantul yang berjumlah 41 Siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunkan soal pretest, soal postest, dan instrumen pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran tematik antara yang menggunakan model project based learning dan konvensional. Hal ini diketahui dari uji t kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai sig 0.002 atau sig(2-tailed)<0,05. (2) model pembelajaran project based learning lebih efektif digunakan daripada model konvensional ditinjau dari kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran tematik. Hal ini diketahui dari hasil postest dengan jumlah rata-rata 69,52 dari kelompok eksperimen yang model pembelajaran project based learning dan jumlah rata- rata 53,89 dari kelompok yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berfikir kritis, project based learning
Subjects: Pendidikan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 15 May 2020 03:42
Last Modified: 15 May 2020 03:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item