UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI

Joko Lipuro, 11144100075 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Joko Lipuro (11144100075).pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Relas dan Fungsi. Model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Imogiri pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Imogiri sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Sedang teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menelaah seluruh data yang dikempulkan pada saat penelitian dengan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII C SMP N 1 Imogiri dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada siklus 1 dan siklus kedua dari tahapan persiapan, kegiatan kelompok, pengerjaan tugas sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP sehingga; (1) motivasi belajar siswa meningkat dari presentese analisis observasi motivasi belajar siswa 80,56% pada siklus 1, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 47,16 (kualifikasi kurang) dengan presentase ketuntasan 9,38% pada pra tindakan menjadi 66,23 (kualifikasi cukup) dengan presentase ketuntasan 28,13% pada siklus 1 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,09 dengan ketuntasan mencapai 78,13%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI), motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:27
Last Modified: 27 Jan 2016 04:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item