PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ernani Yunita Sari, 11144600072 (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ERNANI YUNITA SARI.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tipe pola asuh orang tua kelas V SD Se-gugus III Seyegan Sleman; (2) Prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Se-gugus III Seyegan Sleman; (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS; (4) Pola asuh manakah yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa SD Se-gugus III Seyegan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015 di SD Se-gugus III Seyegan Sleman Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, sedangkan untuk variabel terikat prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa dengan sampel berjumlah 110 siswa diperoleh dari tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dan diambil dengan menggunakan teknik proporsionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial dengan Cramer. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Dari 110 siswa, 0 siswa memiliki pola asuh otoriter, 0 siswa memiliki pola asuh permisif, 79 memiliki pola asuh demokratis, dan 31 siswa memiliki pola asuh situasional. (2) Dari 110 siswa diperoleh rata-rata nilai prestasi tiap pola asuh 71,24 untuk demokratis dan 62,29 untuk situasional. (3) Tidak ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Se-gugus III Seyegan Sleman Yogyakarta.(4) Dari keempat pola asuh orang tua, tidak ada pola asuh yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS karena tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, prestasi belajar IPS
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 03:38
Last Modified: 27 Jan 2016 03:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item