Novianti Retno Utami, Prodi PAUD UPY (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JAN LIGHTHART TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 2 SDIT AL MUHAJIRIN SAWANGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UPY.
|
Text
Novianti.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Jan Lighthart terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 2 SD. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi yang penelitian adalah SDIT Al Muhajirin Sawangan tahun ajaran 2016/2017, sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 45 siswa terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 23 kelas kontrol. Teknik sampling untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar Bahasa Inggris. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien alpha instrument sebesar 0,997,artinya lebih besar dari rtabel 0,381 sehingga instrumen tes hasil belajar dinyatakan reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS for Windows Versions 17 dengan teknik paired sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Jan Lighthart dapat lebih meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa dibandingkan dengan penerapan media CD Interactive.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran jan lighthart, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 01:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 01:19 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1825 |
Actions (login required)
View Item |