Koryna Aviory, Prodi Matematika UPY (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI) PADA PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA I. In: Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret 2013.
|
Text
koryna.pdf Download (778kB) | Preview |
Abstract
aan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI pada pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik semester II Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari STMIK Sinar Nusantara, AMIKOM, dan STMIK Duta Bangsa, masing-masing terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen satu (STAD) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dua (TAI). Jumlah seluruh anggota sampel adalah 235 peserta didik.Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan taraf signifikansi α = 5 %.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI memberikan efek yang berbeda pada pemahaman konsep. Ditinjau dari rerataternyata peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rerata 74,59, sedangkan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI memperoleh rerata 67,51. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan rataan skor pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, pemahaman konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 05:51 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 05:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1816 |
Actions (login required)
View Item |