MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN

T. Pramono, UT UPBJJ Yogyakarta (2017) MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
23. T. Pramono.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Makalah ini, disusun bertujuan untuk menemutunjukkan permasalahan yaitu dengan menggunakan alat peraga yang didesain oleh para pembelajar sendiri. Ada pun alat peraga pembelajaran tersebut dapat berasal dari benda yang diperoleh dari lingkungan sekitar yang ada.. Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan metode demonstrasi yaitu memperagakan alat-alat yang sudah didesain untuk menjelaskan konsep-konsep materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengoptimalkan penggunaan alat peraga diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini dapat dimengerti bahwa alat peraga dalam pembelajaran memiliki peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Unsur alat merupakan unsur yang tidak dapat dilepaskan dan berfungsi sebagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan yang optimal. Alat peraga juga bermanfaat agar pelajaran yang disampaikan guru menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. dalam proses belajarnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mengoptimalkan, Alat Peraga, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 03:33
Last Modified: 25 May 2018 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item