MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR

Mahilda Dea Komalasari, Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia and Ahmad Mabruri Wihaskoro, STPI Bina Insan Mulia Indonesia (2017) MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Mahilda Dea Komalasari1), Ahmad Mabruri Wihaskoro2).pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika realistik menggunakan soal cerita kerap kali membuat siswa kesulitan dalam membaca dan menginterpretasikan persoalan matematika. Siswa sekolah dasar membutuhkan kesabaran dan kemampuan literasi dalam memahami soal cerita. Gerakan literasi sekolah merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar guna mengatasi kesulitan siswa dalam memahami soal cerita matematika. Upaya untuk menggalakkan gerakan literasi sekolah tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Gerakan literasi sekolah tidak hanya berpusat pada mata pelajaran bahasa Indonesia, namun juga dapat melalui pembelajaran matematika. Terdapat dua tujuan dalam penerapan gerakan literasi sekolah guna mengatasi kesulitan memahami soal cerita matematika, yaitu (1) gerakan literasi sekolah membentuk budaya belajar membaca model matematika yang terkandung dalam soal cerita matematika; (2) siswa mampu mengatasi kesulitan memahami soal cerita berdasarkan pola literasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: soal cerita matematika, gerakan literasi sekolah
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 03:03
Last Modified: 25 May 2018 03:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item