PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWERE 7.0 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR BAHASA INGGRIS SD

Hermawan Wahyu Setiadi, Universitas PGRI Yogyakarta and Juang Kurniawan, Universitas PGRI Yogyakarta (2017) PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWERE 7.0 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR BAHASA INGGRIS SD. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Hermawan Wahyu Setiadi, Juang Kurniawan.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis macromedia authorwere 7.0 untuk mengetahui kualitas dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD di Bibis tahun pelajaran 2017/2018, dengan sampel sebanyak 56 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling Data pemahaman konsep belajar dikumpulkan menggunakan tes. Penelitian ini menggunakan desain pengembanagn ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil rekapitulasi penilaian kualitas produk dari ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk kriteria baik dengan rerata 81 sehingga layak dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik siswa dan guru berdasarkan respon menunjukkan rerata 86 dengan kriteria baik sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik berdasarkan observasi pada uji coba terbatas dan uji coba luas didapatkan rerata 80 menunjukkan kriteria baik. Ratarata nilai post test kelas eksperimen adalah 88,50 dan rata-rata nilai post test kelas kontrol adalah 80,58. Dalam penelitian menunjukkan thitung sebesar 7,730 dan ttabel sebesar 2,021. Sehingga uji-t terhadap post test menunjukkan bahwa thitung>ttabel dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,00<0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai post test Bahasa Inggris antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata post test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata post test kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis authorwere 7.0 terbukti lebih efektif terhadap pemahaman kosep bahasa Inggris siswa kelas II SD Bibis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Media Interaktif Berbasis Macromedia Authorwere 7.0, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 02:30
Last Modified: 25 May 2018 02:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item