PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURE VIDIO DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KUMIRAH, 15255140001 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURE VIDIO DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis proses pengembangan feature video untuk media pembelajaran pada mata pelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri 2 Galur dengan pokok bahasan keragaman flora di indonesia (Ekosistem Hutan Mangrove/ Bakau di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta) Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mengetahui Bagaimana kelayakan feature video sebagai pembelajaran dalam mata pelajaran IPS dilihat dari hasil pengujian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Galur dengan pokok bahasan keragaman flora di indonesia (Ekosistem Hutan Mangrove/Bakau di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta). Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan model ADDIE merupakan singkatan yang mengacu pada proses-proses utama dari proses pengembangan sistem pembelajaran yaitu : Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pengembangan media pembelajaran berbasis feature vidio dengan empat tahap, yaitu : 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi, dan4) Pengujian. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis feature vidio berdasarkanuji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melaui angket. Hasil penelitian menunjukkan tinggkat kelayakan dalam kategori layak berdasarkan uji yang dilakukan oleh ahli isi sebesar 82,50 % dan 83,88 % dengan 30 butir soal penilaian. Sedangkan uji yang dilakukan kepada ahli media sebesar 84,62 % dengan 13 butir soal penilaian masuk dalam kategori layak. Kemudian uji yang dilakukan kepada perorangan sebesar 85,16 % masuk dalam kategori layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Meskipun sudah di anggap layak sebagai media pembelajaran namun masih ada beberapa bagian yang masih dilakukan revisi untuk mendapatkan hasil yang maksimal atas saran yang di berikan ileh ahli sis dan ahli media.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Vidio Media Pembelajaran, Pengembangan, Pembelajaran IPS, Feature
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:54
Last Modified: 13 Apr 2018 01:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item