PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SE KAPANEWON PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Septian Aji Permana, Lecturer of PGRI University (2025) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SE KAPANEWON PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan. ISSN 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online)

[img] Text
korespondensi-dan-artikel-pengaruh-profesionalisme-guru.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Se Kapanewon, Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan bulan Desember 2023 sampai Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu peneliti menggunakan penelitian Kuantitatif dengan cara Dalam penelitian ini sampelnya yakni siswa kelas VI di masing-masing gugus di Kapanewon Pleret, Kabupaten bantul yang dihitung dengan mempergunakan teknik random sampling. Dengan begitu seluruh siswa mendapatkan kesempatan yang tidak berbeda untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Dengan demikian subyek penelitian ini berjumlah 84 orang ditentukan dengan rumus solvin. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, obsevasi, dan menggabungkan ketiganya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil uji t memperlihatkan jika secara individual jika profesionalisme guru dan kreativitas siswa masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Variabel profesionalisme guru lebih dominan dibanding kreativitas siswa mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil uji F menunjukkan jika profesionalisme guru dan kreativitas siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas VI Se Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul Tahun. Hasil analisis determinan memperlihatka jika variabel profesionalisme guru dan kreativitas siswa masing-masing memiliki korelasi yang cukup terhadap hasil belajar. Kedua variabel mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap hasil belajar sebesar 39% sedangkan 61% dijelaskan variabel lain di luar konsep penelitian.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Septian Aji Permana
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:42
Last Modified: 19 Aug 2025 06:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/17059

Actions (login required)

View Item View Item