ANALISIS KETERKAITAN ANTARA MATERI LOMBA CERDAS CERMAT EMPAT PILAR MPR DENGAN MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA N 1 GODEAN TAHUN 2017

NASIRAH, 15255140022 (2018) ANALISIS KETERKAITAN ANTARA MATERI LOMBA CERDAS CERMAT EMPAT PILAR MPR DENGAN MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA N 1 GODEAN TAHUN 2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Godean Tahun 2017, 2) mengetahui penerapan materi Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk pendidikan karakter dalam Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Godean Tahun 2017, 3) mengetahui apa saja faktor penghambat penerapan materi Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Godean Tahun 2017, 4) mengetahui upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penerapan materi Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Godean Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang pernah mengikuti Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR dengan jumlah peserta didik kelas XI 10 orang dan kelas XII sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif naratif menurut tahapan dari Miles dan Hubberman. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) pendidikan karakter yang diberikan oleh SMAN 1 Godean sudah sangat memadai yang dapat dilihat dari berbagai bentuk kegiatan yang dilaksanakan, 2) materi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang terdapat dalam materi lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR sangat relevan dan berkaitan dengan materi PPKn yang diajarkan oleh guru baik di kelas XI maupun kelas XII. Pendidikan karakter yang ada dalam materi lomba juga dapat menambah materi dalam pendidikan karakter, 3) ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui lomba ini yaitu kurangnya waktu untuk melakukan sosialisasi mengenai materi lomba, tidak tersedianya buku literatur mengenai materi lomba, kurangnya pemahaman dari beberapa peserta didik mengenai materi lomba,4) upaya untuk mengatasi hambatan adalah mengalokasikan waktu tambahan untuk menyampaikan materi lomba, memperbanyak buku literatur mengenai materi lomba dan menggandakan sesuai kebutuhan serta memberikan penjelasan secara lebih mendetail mengenai materi lomba agar peserta didik menjadi lebih paham.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR, pendidikan karakter, mata pelajaran PPKn
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:48
Last Modified: 08 Mar 2018 01:48
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item