MUWAZANAH, 13155140031 (2018) PENINGKATAN PERAN INDIVIDU DALAM KELOMPOK, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN SHOWCASE DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X IPS-4 SMA IT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (528kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran individu dalam kelompok, dan peningkatan berpikir kritis siswa, melalui penerapan Pembelajaran Showcase Mata pelajaran Sosiologi pada siswa Kelas X IPS-4 SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS-4 SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah Peran Individu Dalam Kelompok, Berpikir Kritis, Melalui Model Pembelajaran Showcase. Data dikumpulkan melalui pengumpulan angket, wawancara, pengamatan, hasil ulangan/tes, dan analisis dalam langkah-langkah pada tiap siklus yang meliputi rencana, tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik diskriptif- kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Showcase dengan metode diskusi caseshow mampu meningkatkan peran individu dalam kelompok dan berpikir kritis siswa. Peran individu dalam kelompok pada pra siklus rata-rata 59,58% pada siklus I menjadi 70,13 % pada siklus II menjadi 84,72%. Berpikir kritis siswa pada pra siklus rata-rata 59,72%, pada siklus I menjadi 70,97% pada siklus II menjadi 83,30%
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | showcase, peran individu dalam kelompok, berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 08 Mar 2018 01:43 |
Last Modified: | 08 Mar 2018 01:43 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
View Item |