EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MODEL PMRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP NEGERI 1 SRANDAKAN

FAIQ KURNIAWAN, 13144100026 (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MODEL PMRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP NEGERI 1 SRANDAKAN. Prodi Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Faiq Kurniawan (13144100026).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol,. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest kemampuan masalah yang telah di ujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, uji normalitas nilai pretest menggunakan Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen nilai sig = 0,121 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilah sig = 0,127 > 0,05, sehingga nilai pretest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai pretes menggunakan Levene Statistic diperoleh nilai sig = 0,073 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. Uji beda rata-rata menggunakan Independent Sample test menunjukan nilai = > = 1,999, artinya kedua kelas tidak setimbang, Sehingga uji efektivitas menggunakan perbedaan nilai pretest dan posttest dari kedua kelas. Uji normalitas nilai posttest menggunakan Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig = 0,108 > 0,05, dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig = 0,078 > 0,05, sehingga nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai posttest menggunakan Levene Statistic diperoleh nilai sig = 0,269 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. Pada uji hipotesis diperoleh hasil analisis bahwa nilai < . Maka dapat disimpulkan bahwa Pemebelajaran Model PMRI dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Negeri 1 Srandakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PMRI, pemecahan masalah
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:27
Last Modified: 12 Oct 2017 02:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item