PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PAJANGAN

Chandra Rini Wulandari, 13144100017 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PAJANGAN. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Chandra Rini Wulandari.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Penemuan Terbimbing ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 2 Pajangan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas adalah model pembelajaran, dan variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 2 Pajangan yang terdiri dari kelas VIIIA - VIIID. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan dipilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa nilai t = 4,516 dengan nilai sig. = = 0 sehingga 0 < 0,05, maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Penemuan Terbimbing lebih berpengaruh positif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pajangan. Hal ini juga terlihat dari hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 82,05645 lebih tinggi dari hasil nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,26367.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Model Pembelajaran langsung, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:03
Last Modified: 09 Oct 2017 04:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item