Alsa Miftahul Huda, 13144100080 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 3 BANGUNTAPAN. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
artikelfix.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional pada pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar. Setelah itu akan dilakukan uji t untuk mengetahui apakah pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika pada para siswa kelas VIII SMP N 3 Banguntapan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP N 3 Banguntapan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil observasi, tes hasil belajar matematika, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar matematika menunjukkan bahwa, nilai pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal serta variansi kedua kelas homogen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t pada kelas kontrol diperoleh t hitung yaitu
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pembelajaran, pendekatan Somatic, Audiotory, Visual, Intelectual (SAVI), hasil belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 03:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 03:45 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1536 |
Actions (login required)
View Item |