IRMI SETIA ARUM, 13144100126 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. Prodi Pendidikan Matematika UPY.
|
Text
ARTIKEL SKRPSI.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkakn pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bangun ruang siswa SMP Negeri 13 Yogyakarta kelas VIIIB melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru. Partisipan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Yogyakarta, sebanyak 33 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Data penelitian dianalisi dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemamahan konsep siswa kelas VIIIB SMP Negeri 13 Yogyakarta terhadap materi prisma dan limas. Adapun peningkatan rata-rata pemahaman konsep dari pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 47,49%, 64,98%, dan 82,45%.Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dilihat dari peningkatan rata-rata presentase setiap indikator pemahaman konsep matematika dari pra tindakan ke siklus II yaitu sebagai berikut ::a) menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan 62,12%, setelah tindakan 81,67%. b) mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu sebelum tindakan 60,61%, setelah tindakan 90,30%, c) memberi contoh dan bukan contoh sebelum tindakan 50,61%, setelah tindakan 97,58%, d) Menyajikan konsep ke dalam berbagai bentuk representasi matematis sebelum tindakan 50,00% setelah tindakan 80,30%, e) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup sebelum tindakan 42,42% setelah tindakan 72,73%, f) Memilih, menggunakan prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan 33,33%, setelah tindakan 77,27%, g) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah sebelum tindakan 33,33%, setelah tindakan 77,27%. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran berjalan 100%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan matematika realistik, pemahaman konsep, materi prisma dan limas |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 03:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 03:29 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1434 |
Actions (login required)
View Item |