UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL CARD SORT DENGAN MEDIA FLANELGRAF PADA SISWA KELAS V SD N II TEMUWUH DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Astin Ristiana Nurvida, 12144600009 (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL CARD SORT DENGAN MEDIA FLANELGRAF PADA SISWA KELAS V SD N II TEMUWUH DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi PGSD UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ASTIN RISTIANA NURVIDA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: meningkatan prestasi belajar IPS menggunakan Model pembelajaran Card Sort dengan Media Flanelgraf pada siswa kelas V SD N II Temuwuh Dlingo Bantul. Penelitian ini dilakukan di SD N II Temuwuh Dlingo Bantul pada Tahun Ajaran 2016/2017 semester genap dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah 21 siswa. Prosedur penelitian pada siklus I dan II melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan atau observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penghitungan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 64 pada pra siklus menjadi 79,76 pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 92,38 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan yaitu dari 38,10% pada pra siklus menjadi 76,19% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial, Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Card Sort, Media Flanelgraf.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:32
Last Modified: 13 Jun 2017 04:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item