PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135 (2015) PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jurnal Rarastiti Kusuma Nugraheni.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh peran orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Peran orang tua siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 64,91%. (2) Motivasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 82,46%. (3) Lingkungan keluarga siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 78,95%. (4) Prestasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 53,51%. (5) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,111, dengan p = 0,037, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05 artinya semakin baik peran orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah peran orang tua maka semakin rendah prestasi belajar. (6) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,035, dengan p = 0,044, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar. (7) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,856, dengan p = 0,005, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar. (8) ada pengaruh peran orang tua, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh Fhitung = 8,309, Ftabel = 2,687, dimana Fhitung> Ftabel, p<0,05, artinya semakin baik peran orang tua, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin baik lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:21
Last Modified: 25 Jan 2016 04:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item