Dwi Warsini, 10144600029 (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN STAD ( STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD IT AR-ROHMAH KRETEK BANTUL. Prodi PGSD UPY.
|
Text
Artikel.pdf Download (487kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika menggunakan media gambar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III SD IT AR-Rohmah Kretek Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD IT AR-Rohmah Kretek Bantul yang berjumlah 25 siswa. Prosedur penelitian menggunakan metode dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus terdapat tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rata-rata dan presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas III SD IT AR-Rohmah Kretek Bantul. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu nilai rata- rata pra siklus sebesar 65,40 menjadi 69,92 pada siklus I dan 79,36 pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar meningkat dari 32% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus I dan 92% pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar, Student Team Achievement Divisions (STAD), Prestasi belajar Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 30 May 2017 04:21 |
Last Modified: | 30 May 2017 04:21 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |