KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES

Linda Astuti, 12144600044 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES. Prodi PGSD UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah Mutihan Wates tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas III.1 dan III.3 SD Muhammadiyah Mutihan Wates yang berjumlah 56 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih efektif ditinjau dari kemampuan menganalisis dalam mata pelajaran IPA siswa kelas III, hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest 83,3226, sedangkan kelas kontrol 77,3103. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan mengaalisis dalam mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Muhammadiyah Mutihan Wates , hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata uji hipotesis yaitu uji t terhadap prestasi belajar IPA, menunjukan bahwa nilai statistik uji t adalah -2,148 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2,042 dengan nilai sig= 0,036 sehingga lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 berati Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan kemampuan menganalisis antara penggunaan model pembelajaran tipe Group Investigation dengan penggunaan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan menganalisis mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Muhammadiyah Mutihan Wates.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menganalisis, mata pelajaran IPA, Group Investigatin, Konvensional
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 30 May 2017 03:35
Last Modified: 30 May 2017 03:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item