ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TARIF DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Pasien RSKIA Ummi Khasanah Bantul)

ANA SISMIYATI, 13133230051 (2017) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TARIF DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Pasien RSKIA Ummi Khasanah Bantul). Prodi Manajemen UPY.

[img]
Preview
Text
JURNAL-ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TARIF DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN-PDF.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RSKIA Ummi Khasanah Bantul pada tahun 2016/2017. Penelitian ini mengambil sebanyak 90 Pasien RSKIA Ummi Khasanah Bantul sebagai responden untuk pengujian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Variabel utama dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1), Tarif (X2), Fasilitas (X3) dan Kepuasan Pasien (Y), sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1), secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien regresi 0,384 dan nilai signifikan 0,000, variabel Tarif (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien regresi 0,188 dan nilai signifikan 0,048, variabel Fasilitas (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi 0,320 dan nilai signifikan 0,000. Hasil uji F menunjukan F hitung sebesar 46,111 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,603 artinya 60,3% variabel Kepuasan Pasien (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan (X1), Tarif (X2), Fasilitas (X3) dan sisanya 39,7% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Tarif, Fasilitas dan Kepuasan Pasien
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:20
Last Modified: 19 Apr 2017 03:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item