Model Experiential Learning Sebagai Model yang Efektif untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Riski Ayu Arnila, Universitas Sebelas Maret (2016) Model Experiential Learning Sebagai Model yang Efektif untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
17. Riski Ayu Arnila.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan model pembelajaran yang efektif untuk membelajarkan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU). Metode penelitian yang digunakan adalah literature review (analisis literatur), dengan menganalisis berbagai jurnal dan buku yang berkaitan dengan kewirausahaan, pembelajaran, pembelajaran kewirausahaan, pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, model dan metode pembelajaran, model experiential learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model experiential learning merupakan model yang efektif untuk membelajarkan prakarya dan kewirausahaan (PKWU) karena dapat memungkinkan siswa untuk mengalami sendiri bagaimana berwirausaha sehingga tujuan dari mata pelajaran PKWU dapat tercapai. Model ini melatih siswa untuk belajar dari pengalamannya, belajar dari apa yang telah dilihat, didengar, dan dirasakan. Konsep baru yang dibawa oleh PKWU yang mengharuskan siswa untuk membuat sebuah produk sesuai dengan potensi daerah setempat dapat dilatih dengan menggunakan model ini karena model ini dapat memungkinkan siswa untuk memilih sendiri produk apa yang akan diproduksi sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:57
Last Modified: 09 Mar 2017 02:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item