Rahmad Basuki, 12144600185 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU BANTUL. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Pedes Sedayu dengan jumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus KKM dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD N 1 Pedes Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar IPS juga ditunjukkan dari adanya peningkatan persentase ketuntasan setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase ketuntasan sebanyak 17%, pada siklus I persentase ketuntasan meningkat menjadi 53%, dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Strategi Inkuiri |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 01:57 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 01:57 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1180 |
Actions (login required)
View Item |