Nur Fitri Barokah, 12144600024 (2016) PERBEDAAN FORMASI TEMPAT DUDUK U SHAPE DAN CHEVRON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD N DENGGUNG SLEMAN. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL FITRI.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, Dilihat dari mean (M) sebesar 84,12 yang berada pada kelas 81,25<X .Begitu juga dengan prestasi. Dilihat dari mean (M) sebesar adalah 77,34 yang berada pada kelas interval 75.00<X berada pada kategori sangat tinggi. Motivasi kelas kontrol setelah mendapat perlakuan berada pada kategori tinggi, Dilihat dari mean (M) sebesar 71,12 yang berada pada kelas 68,75<X≤81,25. Begitu dengan prestasi Dilihat dari mean (M) sebesar adalah 60,36 yang berada pada kelas interval 58,33<X≤70.00 berada pada kategori tinggi. Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara kelas VB yang menggunakan formasi tempat duduk U Shape dan VA dengan menggunakan formasi tempat duduk Chevron.Di lihat dari thitung motivasi belajar adalah 6,509 dan prestasi 8,725 dengan taraf signifikan sebesar5% dengan df 63 sehingga ttabel 1,998. Diperoleh thitung motivasi 6,509>1,998 dan prestasi 8,725.1,998 Dengan nilai sig. (2-tailed) pada pretes motivasi belajar sebesar 0,000 begitu juga pada prestasi belajar sebesar 0,000 sehingga kurang dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 5% (0,05). Formasi tempat duduk U Shape yang diterapkan di kelas VB lebih efekif.Dilihat dari nilai rata-rata pretes dan postes motivasi belajar kelas eksperimen dari keduanya memiliki selisih 16,37 dan prestasi dari pretes dan postes memiliki selisih 20,56. Sedangkan Motivasi kelas kontrol dari pretes dan postes memiliki selisih 3,73 dan prestasi dari pretes dan postes memiliki selisih 4,46.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formasi tempat duduk. Formasi U shape dan Chevron, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 03:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 03:19 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1175 |
Actions (login required)
View Item |