PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD N KEPUTRAN “A” YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Tutut Chamalia, 12144600116 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD N KEPUTRAN “A” YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi.PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD N Keputran “A” Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan subyek penelitian sejumlah 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan ke dalam beberapa tahap, yaitu ; (a) Tahap Perencanaan : menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, LKS, mempersiapkan tes keterampilan berbicara dan lembar pengamatan; (b) Tahap Tindakan : memotivasi siswa dengan melakukan berbagai macam penguatan dan menerapkan tipe Numbered Head Together (NHT) ; (c) Tahap Observasi : observasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan. Kegiatan observasi dilakukan oleh peneliti dan guru dengan menggunakan lembar pengamatan ; dan (d) Tahap Refleksi : Mengkaji, melihat dan mempertimbangkan atas hasil atau dampak dari tindakan, kelemahan dan kekurangan dari tindakan diperbaiki pada rencana selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas VA SD N Keputran “A” Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus 42,31% atau 11 siswa yang mencapai KKM dari 26 siswa kemudian meningkat menjadi 76,92% atau 20 siswa yang mencapai KKM dari 26 siswa pada Siklus I dan kembali meningkat pada Siklus II yaitu mencapai 100% atau seluruh siswa telah mencapai KKM. Selain itu juga meningkatkan rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa. Rata-rata nilai siswa pada Prasiklus sebesar 72,73 meningkat menjadi 75,97 pada Siklus I dan kembali meningkat menjadi 87,02 pada Siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:08
Last Modified: 03 Nov 2016 01:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item