HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Suhertati, 14144230008 (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Suhertati (14144230008).pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan konseling dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Pundong, Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pundong, Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 213 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 56 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,521 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi minat membaca pada siswa, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,506 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai siswa, (3) Ada hubungan positif antara minat membaca dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 19,304 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin tinggi minat membaca pada siswa dan semakin tinggi motivasi belajar pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar yang dicapai siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa minat membaca dan motivasi belajar yang dimiliki siswa adalah penting artinya bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Diharapkan sekolah memberikan peran yang besar dalam meningkatkan minat membaca dan motivasi belajar siswa melalui berbagai program kegiatan sehingga prestasi belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: minat membaca, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:21
Last Modified: 03 Nov 2016 01:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item