PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION

Budiharti, M.Pd., FKIP Prodi PGSD UPY and Nur Wahyumiani, MA, FKIP Prodi PGSD UPY (2014) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION. In: Seminar Nasional LPPM UNY "Kontribusi Penelitian dan PPM dalam Menghasilkan Insan Humanis dan Profesional" 21-22 April 2014, UNY.

[img]
Preview
Text
artikel semnas LLPM uny 2014 lengkap.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan penggunaan jenis model Problem Based Learning (PBL) dan model Cooperative Learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap prestasi belajar, motivasi siswa dan sikap siswa terhadap matemtika, (2) membandingkan keefektifan pembelajaran menggunakan model PBL dan model Cooperative Learning tipe TAI terhadap prestasi belajar, motivasi siswa dan sikap siswa terhadap matemtika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only multiple non-equivalent group desain. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol.. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pengambilan sampel melalui stratified cluster random sampling. Untuk menguji keefektifan masing-masing pembelajaran matematika digunakan one sample t test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan dengan menggunakan uji T2 Hotelling. Selanjutnya digunakan uji t untuk menentukan model pembelajaran manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pembelajaran matematika dengan Model PBL danCooperative Learning tipe TAIefektif ditinjau dari prestasi belajar, motivasi siswa dan sikap siswa terhadap matemtika. 2) Terdapat perbedaan kefektifan pembelajaran dengan menggunakan model PBL dan model Cooperative Learning tipe TAI ditinjau dari prestasi belajar, motivasi siswa dan sikap siswa terhadap matemtika secara bersama-sama. Kedua Model pembelajaran matematika sama efektifnya ditinjau dari prestasi belajar maupun motivasi siswa. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL lebih efektif darimodel Cooperative Learning tipe TAI ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: PBL, TAI, Prestasi, Motivasi, Sikap
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:35
Last Modified: 06 Oct 2016 02:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item