KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD SONOSEWU SONOPAKIS NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyu Kurniawati, UPY (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD SONOSEWU SONOPAKIS NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4. Artikel Wahyu Kurniawati(2).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran tipe kooperatif word square dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V di SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word square lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini ditinjau adri rata-rata nilai posttest kelas experimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas experimen memiliki rata-rata posttest 76.667, sedangkan kelas kontrol 65.6522.Terdapat perbedaan yang signifikan pada keefektifan pengguna model pembelajaran kooperatif tiep word square dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar IPA siswa kelas V, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata uji hipotesis yaitu uji t terhadap prestasi belajar IPA, menunjukkan bahwa nilai statistik uji t adalah 3.049 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2.021 dengan nilai sig= 0,0004 sehingga lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 brarti Ho ditolak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPA, Word Square, Konvensional
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:37
Last Modified: 28 Sep 2016 07:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item