PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SUMBER DAYA ALAM BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA SISWA KELAS IV SD PUNDUNG IMOGIRI BANTUL

Wahyu Kurniawati, UPY (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SUMBER DAYA ALAM BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA SISWA KELAS IV SD PUNDUNG IMOGIRI BANTUL. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Artikel Wahyu Kurniawati.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pundung Imogiri Bantul pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul sebanyak 21 siswa. Prosedur pengembangan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Teknik dan pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri dari skor rata-rata dan persentase. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi dengan skor 69 dengan kriteria baik. Ahli media menilai produk dari aspek desain aplikasi dan komuikasi visual dengan skor 71 dalam kriteria baik dan aspek rekayasa perangkat lunak dengan skor 31 dalam kriteria baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 94% dalam kriteria sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 94,28% dalam kriteria sangatbaik. Hasil observasi uji coba terbatas diperoleh skor 24 tergolong dalam kriteria baik. Hasil observasi uji coba lapangan diperoleh skor 24 tergolong dalam kriteria baik. Hasil rata-rata dari nilai pretest 71,43 dengan presentase 71,43% dengan kriteria cukup. Sedangkan rata-rata dari nilai postest 83,33 presentase 83,33% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap media pembelajaran yaitu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire mudah digunakan dan sudah sesuai, sehingga sudah layak jika digunakan untuk mengajar kepada siswa kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul tentang materi Sumber Daya Alam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, IPA
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 Sep 2016 07:35
Last Modified: 24 Sep 2016 07:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item